Rabu, 06 Juni 2012

KEYBOARD LAPTOP BERMASALAH


Bagi kawan-kawan sekalian yang sering menggunakan laptop pasti bermanfaat membaca artikel ini, apalagi sedang menghadapi maslah....

Alhamdulillah..., ud sekian lama ane g posting di blog, terutama sejak punya blog baru jadi banyak yang harus diisi. Kali ini ane mencoba untuk membahas bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop. Karena tidak semua teknisi mau menservice keyboard laptop. Selain butuh waktu dan tenaga ekstra, juga memerlukn kesabaran atau ketlatenan. Banyak kasus mengenai Keyboard laptop yang tidak bisa digunakan, baik semua tombol ato beberapa saja. Ada beberapa hal yang menyebabkan tombol tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Diantaranya tertumpah air dan keyboard lembab, karena tempat menyimpan laptop dalam kondisi lembab. Misalnya di dalam lemari, suhu kamar yang tidak sehat dan laptop dibiarkan dalam tas karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika kasusnya keyboard laptop tertumpah air, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah :
1. Jangan pernah memencet keyboard
2. Jangan pernah menutup atau membuka layar laptop
3. Pastikan laptop tidak bergerak/berpindah tempat pada posisi terkena air
4. Jangan dulu membersihkan laptop dengan tisu atau kain kaos
5. Matikan paksa laptop dengan cara memencet lama tombol power 
6. Lepas batre laptop
7. Agan-agan bisa melakukan pembersihan dan lain sebagainya setelah melalui point6


Tidak ada bedanya memperbaiki keyboard laptop yang beberapa tombolnya tidak berfungsi dengan keyboard laptop yang semua tombolnya tidak berfungsi, karena agan-agan membongkar semua tombol2 keyboard untuk dibersihkan.

Alat-alat yang harus disiapkan :
1.     Pinset
2.     Obeng min lebar maata obeng 5 mm
3.     Hairdryer
4.     Kuas atau sikat gigi bekas
5.     Plastik box

Simak gan, ini langkah-langkah memperbaiki keyboard laptop:
1.     Langsung saja, setelah keyboard dilepas dari laptop, buka semua tombol dengan cara menggunakan kuku sebagai alat untuk mencari sela antar tombol untuk mencongkelnya.
2.     Setelah semua tombol terbuka, bersihkan permukaan keyboard dari kotoran dan debu mengunakan kuas
3.     Setelah melepas tombol-tombolnya akan terlihat kunci-kunci tombol yang berfungsi sebagai pegas, maka lepaslah kunci tombol tersebut menggunakan bantuan obeng dan pinset. Disinilah kesabaran kita diuji. Kunci ini terbuat dari plastik dan mudah patah, maka berhati-hatilah melepasnya. Karena agan-agan tidak akan menemukan toko komputer atau elektro menjual plastik ini. Gunakan plastik box untuk menyimpan sementara kunci-kunci tombol ini selama keyboard dalam perbaikan.
4.     Kalau sudah terlepas semua, maka ambilah plastik hitam yang menutupi jalur plastik kabel keyboard (berwarna transparan dan bergaris-garis biru)
5.     Ambil plastik kabel keyboard dan lepaskan dari penampang keyboard yang terbuat dari seng. Hati-hati melepasnya, terutama jalur yang menuju konektor ke mainboard.
6.     Setelah jalur plastik kabel keyboard dipisahkan dari penampangnya, yang harus kita lakukan adalah membelahnya menjadi dua menggunakan ujung pinset. Yang harus dicatat, jangan sampai membelah jalur keyboard sampai pada konektor ke mainboard, cukup sampai pada plastik berbentuk persegi panjang
7.     Setelah terbelah menjadi dua dan terbuka, gunakan hairdryer untuk mengeringkan permukaan bagian dalam yang dibelah tadi.
8.     Setelah kering, maka tugas agan adalah mengembalikan keyboard tadi seperti semula...
Selamat mencoba dan semoga sukses... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar